Jumat, 16 Oktober 2009

Imajinasi Teknologi Komputer di Masa Depan

Di zaman sekarang ini, teknologi semakin berkembang dari tahun ke tahun.
Perkembangan tersebut mencakup Hardware dan Software. Perkembangan Hardware cukup terlihat dari media penyimpanan yang semakin besar dengan ukuran yang semakin kecil, kapasitas memory yang semakin meningkat, Prosesor yang semakin canggih sehingga dapat mengelolah data dengan cepat, dan alat penyimpanan data external yang dulunya menggunakan floppy disk bealih menjadi USB Flash drive yang biasa kita sebut Flash disk. Perkembangan Software juga tidak kalah dengan perkembangan Hardware, dengan berjamurnya software-software yang semakin memudahkan perkerjaan kita bahkan ada beberapa software yang di pasarkan secara gratisan.

Di lihat dari perkembangan teknologi komputer dari zaman dahulu hingga sekarang, mungkin saja komputer-komputer di masa depan akan berkembang melebihi yang kita bayangkan selama ini. Seperti komputer DNA yang mempunyai keunggulan dapat melakukan perhitungan jauh lebih cepat karena semua prosesnya dilakukan secara paralel (bersamaan) dan ukuran molekul DNA yang sangat kecil. Bayangkan 1 gram DNA yang sudah dikeringkan memiliki kapasitas menyimpan informasi dalam jumlah yang sama dengan 1 trilyun CD (Compact Disc). Padahal 1 gram DNA kering itu ukurannya hanya sebesar butiran gula pasir!

Imajinasi saya terhadap teknologi komputer di masa depan adalah komputer akan menjadi sangat mini sehingga kita dapat menbawa ke mana-mana semudah kita membawa Hp atau Flash disk. Dan komputer tersebut sudah tidak membutuhkan LCD untuk menampilkan tampilan melainkan menggunakan proyektor hologram yang sudah disematkan di dalam komputer tersebut sehingga kita tidak hanya akan dapat melihat tampilan 2 dimensi saja tetapi kita juga akan dapat melihat tampilan 3 dimensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar