Jumat, 05 Februari 2010

Membangun Etika Untuk Membangun Keamanan System

Banyak orang yang kurang menyadari pentingnya menjaga keamanan sistem. Padahal seperti kita tau dengan adanya sistem keamanan membantu kita mengamankan suatu informasi atau data penting yang tidak sembarangan orang boleh mengaksesnya. Percuma bila kita memiliki sistem keamanan yang sangatlah canggih bila kita sendiripun tidak dapat menggunakan atau menggunakan tetapi tidak secara maksimal.

Banyak orang mengeluh mereka telah menjaga keamanan datanya tetapi tetap saja data tersebut dibobol atau telah dicuri. Disinilah pangkal permasalahan tersebut. Para pengguna menjadi tidak percaya dengan sistem keamanan sehingga berpikiran untuk apa cape-cape memproteksi data yang lain saja menggunakan sistem keamanan bisa bisa di bobol.

Di sinilah Etika dalam membangun keamanan sistem dibutuhkan. Etika tersebut bukan hanya di peruntukan pengguna sistem keamanan tetapi juga untuk para pencuri data yang secara sengaja atau tidak sengaja. Memang membangun etika tersebut tidaklah mudah, tetapi etika tersebut harus dibangun agar tidak ada orang yang merasa dirugikan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar